Sunday, June 10, 2018

Mengajukan Permohonan Dana ke Kampus untuk Conference/Lomba

APLFC, di Kuala Lumpur (Hasil muter-muter bawa proposal :D )
Sudahkah kita berfaedah hari ini? Menjawab pertanyaan itu, aku akan sedikit berbagi tulisan yang barang kali sedikit berfaedah. Sebenarnya tulisan ini pas banget buat mahasiswa yang lagi ambis-ambisnya ikut event atau lomba hehe. Bisa juga jadi referensi yang cukup, bagi yang akan memula dunia perlombaan atau event-event keren di dalam maupun luar negeri.

Beberapa waktu lalu aku dimintai contoh proposal pengajuan dana untuk conference di Korea oleh adik tingkat dan sudah beberapa kali ada yang minta dikirim proposal yang sama. Jadi biar lebih enak dan kasih bonus plus-plus, aku sekalian share cara mengajukan dana ke kampus. Walaupun sebenarnya sangat mudah lho... Sebagai alumni yang baik hati (aseek) aku hanya ingin berbagi pengalaman. By the way, ini hanya sedikit jadi aku harap kalian tidak berharap banyak hehe.

Sewaktu jadi mahasiswa yang kantongnya cetek, status anak kos yang andalannya mie instant kalau akhir bulan, belum lagi kalau kiriman mundur dari tanggal biasanya, hal-hal itu yang kadang buat aku sungkan minta sponshorship orang tua kalau ada kegiatan tambahan (walaupun aslinya minta juga kalau kepepet). Jelas, hal itu bukan jadi hambatan mengembangkan diri, ikut berkegiatan di luar kampus, atau ikut lomba yang biasanya tak gratis. Boleh lah alasan ikut ini-itu buat mengembangkan diri, tapi tak salah juga kalau alasannya ingin jalan-jalan hihi. Misalkan kita ikut conference ke luar negeri atau lomba di kampus lain yang lokasinya jauh (bisa juga luar pulau atau lintas negera), pasti butuh budget lebih untuk meng-cover tiket perjalanan, tempat penginapan, uang makan dan kebutuhan lain-lainnya. Jangan khawatir, kita bisa mulai dari mengajukan permohonan dana ke kampus. Yuhuuuu. Kampus sangat-sangat baik hati kok buat para mahasiswa yang mau aktif dan mengharumkan almamaternya (aseek).

Itu semua yang aku jelaskan adalah kegiatan yang self funded alias bayar sendiri. Tetapi ada beberapa yang partial funded (dibiayai sebagian) atau fully funded (gratis tis). Setiap event memang beda macamnya, misal partial funded kita masih harus membayar sebagian keperluan yang lain. Ada juga yang biaya kegiatannya gratis tapi biaya transport ditanggung sendiri. Paling enak fully funded, tapi yang namanya gratisan pasti banyak yang minat dan lebih selektif proses seleksinya.

Selama kuliah di kampus yang biasa dijuluki kampus kerakyatan, aku begitu menikmati dunia per-kampus-an karena disitu aku bisa mengekspresikan diriku dengan leluasa (kok rada gimana ya). Ini cara pengajuan dana di UGM, barang kali kita satu almamater, kalau pun tidak, tulisan ini bisa jadi bahan bacaan di siang bolong atau silakan skip saja. Soalnya setiap kampus tidak selalu sama cara pengajuan dana kegiatannya. FYI, yang dapat juara lomba tingkat nasional/internasional diberi insentif dari kampus lho (lomba dibiayai, dapat reward lomba, dapet insentif juga dari kampus, ulululuh).  Setiap insentif jumlahnya berbeda-beda tergantung juara, tingkat perlombaan, dan tim atau individu. Ehh, kok jadi mikir insentif duluan wkwk. Luruskan niat dulu ya, yang penting maksimalin di prosesnya. Buat yang sudah pro lomba-lombaan, dsb kalau ada yang kurang bisa ditambahkan dan CMIIW. Langsung saja kita mulai, check it out!   

Cari tahu lomba atau event yang akan kamu ikuti
Hal ini yang paling sering ditanyakan, "kamu dapet info dari mana sih?" atau "kalau cari info kayak gitu dimana?". Pertanyaan-pertanyaan itu bisa terjawab dengan sendirinya kalau kita bisa proaktif mencari tahu. Kalau aku biasanya add official account line tentang lomba atau conference, juga di instagram beberapa aku juga follow. Semangat hunting dan semoga berjodoh ya!

Perhatikan syaratnya, kalau cocok langsung apply
Tidak semua kegiatan yang ada cocok dengan background kuliah kita, jadi kita rajin-rajin aja seleksi setiap kegiatan yang ada. Misal ada lomba akuntansi, kalau aku dari jurusan Rekam Medis jelas tidak bisa ikut berpartisipasi. Atau misal ada LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah), kamu sudah dapat tema lomba yang cocok tentang pertanian, tapi backgroud-mu dari MIPA, kamu bisa cari teman dari Fakultas Pertanian yang cocok dengan ide kamu untuk lebih mematangkan ide. Saran aku, perbanyak teman di seputar kampus hehe. Selain bisa diajak main, jalan, nongkrong, juga bisa diajak diskusi bahan lintas jurusan.

Review Persyaratan 
Setiap kegiatan pasti ada syaratnya. Kalau conference untuk presentasi paper, jelas kita disuruh submit paper hasil penelitian ke pelaksana kegiatan. Kalau dulu aku pernah ikut conference di KL tak perlu submit paper tapi disuruh menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar, seperti visi-misi, kesibukan, prestasi, dan lain sebagainya. Semua itu perlu dibaca berulang-ulang, pastikan tidak ada typo, bahasa yang ambigu atau logika penulisan yang masih kacau. Biasanya setelah menulis, tulisan itu aku baca satu hari setelahnya atau minimal beberapa jam setelah tulisan jadi. Setelah itu, pasti akan terlihat beberapa koreksi pada tulisan, mungkin ada kata atau kalimat yang kurang pas, atau bahkan terkesan ngalor-ngidul. Bisa dibilang ada untungnya tulisan diendapkan dulu baru dibaca ulang. Kalau langsung di-review pada saat itu juga terkadang kita sudah merasa percaya diri kalau tulisannya sudah bagus tanpa koreksi. Silakan dicoba hihi. Kemudian jangan lupa berdoa.


Lampirkan LoA atau pengumuman lolos lomba
Setelah dinyatakan lolos/diterima, jangan lupa simpan LoA (Latter of Acceptance) dan pengumuman lolos lomba untuk menghadiri ke lokasi lomba. Ini sangat dibutuhkan untuk dilampirkan di proposal pngajuan dana.

Susun  Proposal
Ini dia senjata ampuh menembus cakrawala per-budget-an yang menipis. Proposal ini nantinya diajukan ke Departemen, Fakultas, dan Universitas. Untuk format proposal sebenarnya tidak terlalu ketat untuk ke Departemen dan Fakulatas di tempatku waktu itu. Yang terpenting dapat menjelaskan kegiatan atau lomba apa yang akan kita ikuti lengkap dengan rincian anggarannya. Ada Bab 1, 2, 3 seperti biasa dan jangan lupa lampirkan resume daftar riwayat hidup (CV singkat). Jadwal rincian kegiatan juga dimasukkan di proposal (biasanya sudah ada di booklet atau run down yang dibagikan saat technical meeting). Bagi yang ingin contoh proposal prngajuan dana bisa komen di kolom komentar ya! :)

Pengajuan Dana
Mengajukan dana ke Departemen membutuhkan halaman pengesahan yang ditandatangani oleh Kepala Departemen dan yang mengajukan (ketua tim, kalau mangajukan dalam satu tim). Untuk pengajuan permohonan dana ke Fakultas kita membutuhkan halaman pengesahan yang ditandatangani Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, kalau ke universitas tinggal ditambahkan tanda tangan Direktur Kemahasiswaan UGM. Kalau pengajuan ke Universitas (Ditmawa) harus ada surat pengantar dari Fakultas yang dibuatkan oleh Akademik Kemahasiswaan Fakultas.

Tipsnya, begitu lolos lomba atau dapat LoA kegiatan, langsung menyusun proposal pengajuan dana untuk meminta tanda tangan yang bersangkutan. Soalnya beliau-beliau yang akan kita mintai tanda tangan tidak selalu di tempat, khawatirnya akan dinas ke luar kota atau sedang ada janji. Sehingga kita bisa atur jadwal ulang untuk meminta tanda tangan. Pernah dulu waktu meminta tanda tangan Kepala Departemen sampai harus ke kampus S2, karena memang beliau ada di sana. 

Untuk pengajuan Fakultas, aku hanya menitip ke Bidang Akademik Fakultas dan rajin mengecek apakah sudah ditandatangani atau belum. Pengajuan permohonan dana ke Universitas lain lagi, kita hanya meng-upload proposal pengajuan di ditmawa.simaster.ugm.ac.id. Jadi kita hanya memantau perkembangan acc proposal. Setelah upload, status pengajuan akan terlihat. Mulai dari status "mengajukan" hingga "disetujui". Selama proses menunggu, proposal yang kita ajukan masuk dalam tahap review oleh pegawai di Ditmawa (Direktorat Kemahasiswaan). Kalau misal ada kesalahan, status proposal akan ada pemeberitahuan untuk dibetulkan. Misalnya kurang surat pengantar dari fakultas, kurang dilampirkan LoA, atau jumlah pengajuan dana yang tidak masuk akal. FYI,  untuk pengajuan dana ke Universitas tidak bisa mengajukan 100% dari dana yang dibutuhkan, soalnya aku pernah dan ditolak hehe. Karena dana kegiatan dicover juga oleh Departemen dan Fakultas. Biasanya proses review sampai disetujui membutuhkan waktu 1 minggu hingga 2 minggu. 

Proposal pengajuan permohonan dana tidak selalu di acc sebelum kegiatan, jadi siap-siap saja di awal ng-cover dengan uang pribadi. Tapi nanti bisa reimburse (diganti) sesuai dengan pengeluaran setelah proses acc proposal selesai. Ini terjadi waktu aku ikut lomba di Surakarta dan presentasi paper, dan bisa direimburse setelah kegiatan selesai. Btw, jumlah uang yang diacc oleh kampus tidak selalu sama dengan jumlah yang kita ajukan. Bisa hanya beberapa persennya saja. Itu semua juga dipengaruhi jauhnya kegiatan yang kita ikuti. Misal yang ikut conference di Malaysia dengan yang ikut lomba di US pasti jumlahnya akan berbeda.

Menyusun LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban)
LPJ itu penting sekali sebagai bentuk tanggung jawab kita setelah selesai kegiatan. Intinya berisi tentang hasil kegiatan/konferensi/lomba yang sudah kita ikuti, terutama soal keuangan. Jangan lupa simpan tiket perjalanan, kuitansi penginapan, kuitansi uang makan, bukti pembayaran kegiatan, dsb. Semua itu sangat dibutuhkan untuk dilampirkan di LPJ. Kalau misal kita tidak membuat LPJ, konsekuensinya adalah pengajuan permohonan dana selanjutnya tidak akan disetujui. Jadi mari belajar bertanggung jawab hihi. 

Karena sudah dijelaskan panjang lebar, sebelum bosan bacanya aku sudahi dulu ya wkwk. Semoga bermanfaat, kalau pun cara pengajuan setiap fakultas berbeda, kalian bisa tanyakan ke bidang akademik atau kakak tingkat yang sudah biasa mengajukan permohonan dana. Kalau ada pertanyaan silakan komen. Sejujurnya aku masih remah-remah kueh lebaran, banyak yang lebih berpengalaman soal ini dan ikut lomba atau conference dimana-mana. Kalau dirasa ada yang kurang atau terlewatkan silakan tambahkan saja ya sist

Bagi yang lagi aktif-aktifnya jadi mahasiswa, semangattt ya, good luck! Ikuti apa yang kalian minati dan sukai, sebelum menyesal setelah lulus karena belum sempat nyoba hihi.

Bye bye!

98 comments:

  1. kak saya mau minta contoh proposalnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kak bisa minta contoh proposalnya? enditamd@gmail.com

      Delete
  2. Kak, saya mau contoh proposal nya kak.
    Apriliaapriliahidayana13@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dikirim April, silakan cek emailnya :)

      Delete
    2. Halo ka, aku juga mau minta contoh proposalnya, email aku : rani.hegi@gmail.com
      Terimakasih ka

      Delete
  3. Kak, saya mau contoh proposal nya kak.
    husna.efrison30@gmail.com
    terimakasih kak

    ReplyDelete
  4. hallo kak, boleh minta contoh proposalnya kah? work.nafawardoyo@gmail.com
    terimakasih kak

    ReplyDelete
  5. Halo kak, mau minta contoh proposalnya boleh? demiamoricia@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  6. halooo kak apakah saya boleh minta contoh dokumen proposalnya? ke email saya, officialandiaflianisari@gmail.com

    terima kasih atas bantuannya kak

    ReplyDelete
  7. Mau contoh proposalnya kak sarirahmahhandayani239@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Halo kak, saya berminat dengan contoh proposalnya. Bisa dikirim ke niadesmayanti@gmail.com terimakasih banyak kakk:)

    ReplyDelete
  9. Halo kak, saya boleh minta contoh proposalnya kak? Bisa dikirim ke jasminerlasdianto@gmail.com ya.
    Terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, boleh banget. Contoh proposalnya sudah dikirim ya. Good luck!

      Delete
  10. halo kak, boleh saya minta contoh proposalnya? bisa dikirim ke chyntiakhnz@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, iya boleh. Emailnya udah dikirim, silakan dicek.

      Delete
  11. Assalamualaikum, tolong kak Apakah saya bisa minta contoh proposal pengajuan dana kakak? bisa dikirimkan ke: fatoniasari@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Wr. Wb. Iya bisa dan sudah dikirim ya, silakan dicek. Good luck! ;)

      Delete
  12. assalamualaikum,bolehkah saya meminta contoh proposal pengajuan dananya kk, bisa dikirim ke syahriafifi97@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Selamat malam kak, mohon maaf mengganggu waktunya. Boleh saya meminta contoh proposal pengajuan dana tidak kak? Bisa dikirim email ke yulia_rahmadani27@yahoo.com terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam, iya boleh. Emailnya sudah dikirim ya, silakan dicek ;)

      Delete
  14. Halo kak.. selamat pagi.
    Boleh saya minta contoh proposal pengajuan dananya kak?
    Bisa di kirim di email rinstaangels@gmail.com
    Sebelumnya terima kasih banyak kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rinsta.
      Iya boleh, sudah dikirim ke email ya. Good luck!

      Delete
  15. Ka apakah boleh minta contoh proposalnya? Email saya novianaariaagustina@gmail.com terimakasih ya ka sebelumnya

    ReplyDelete
  16. Hallo Kak maaf, bisa minta contoh proposalnya gak ? Kalo bisa dikirim ke email aku yah rahayubetty31@yahoo.co.id makasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa. Udah dikirim ya, silakan dicek. Semangat!

      Delete
  17. Hai kak, perkenalkan saya yunus mahasiswa ugm smt 7, saya ingin mengikuti conference di korea, tp masih bingung pendanaan :". bolehkah saya meminta contoh proposal pengajuan dana ke ditmawa? Jika di perbolehkan, saya minta tolong di kirim ke alamat email saya isnaeniyunus11@gmail.com terimakasih kak..고마워

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Yunus, iya format proposalnya udah dikirim ya. Maaf nih kalau telat ngirimnya. Good luck buat event selanjutnya! :)

      Delete
  18. Kak bisa bagi proposal nya kk
    Aldiharry99@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa, sudah dikirim silakan dicek emailnya ya :)

      Delete
  19. Saya juga kak. Minta proposal nya di seful.muslimin@gmail.com

    Makasih

    ReplyDelete
  20. Halo kak, bisa tolong bagi contoh proposalnya ? terima kasih. email saya = haryookey@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Halo Kak,
    Boleh bagi contoh proposalnya kak?
    Minta tolong kirim ke email saya yaaa Kak.
    dyanaeka1799@gmail.com

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, iya boleh banget. Contoh proposalnya udah dikirim ya. Silakan dicek. Good luck!

      Delete
  22. Assalamualaikum.. kak minta tolong dikirimin contoh proposalnya jugaa.
    Rafikaafrianiashari@gmail.com
    Terimakasih kak

    ReplyDelete
  23. Kak, mohon izin untuk menjadikan proposal kakak sbg bahan acuan. Dimohon kesediannya ya kak pada email berikut bethaviic@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik, silakan cek emailnya, contoh proposal sudah dikirim :)

      Delete
  24. kak saya mau proposalnya, email saya kevinatasya@gmail.com, makasih kakk

    ReplyDelete
  25. Kak saya mau minta proposalnya, faizahsabrinah@gmail.com

    ReplyDelete
  26. Halo kak, saya mau minta contoh proposalnya dong, tolong kirim ke ratuvanya@yahoo.com yaa. Makasih kak!

    ReplyDelete
  27. Kak saya minta contoh proposalnya, dzakirul22@gmail.com

    ReplyDelete
  28. Kak saya minta contoh proposalnya, dzakirul22@gmail.com

    ReplyDelete
  29. Maaf kak boleh liat contoh proposalnya? Saya ada conference skala internasional tapi bingung mau nulis proposal ke ditmawanya, boleh minta contohnya ke Gigihprakoso2000@gmail.com ? Makasih kak

    ReplyDelete
  30. assalamu'alaikum kak, maaf sebelumnya. boleh minta contoh proposal dan lpj pengajuan dananya? email ku: carisarosyada@gmail.com

    ReplyDelete
  31. Kak boleh krim contoh nya gak ya ke email saya, gracehoneydamayanty@gmail.com terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  32. Kak boleh minta contoh proposalnya
    Saidilmursalin24@gmail.com
    Terimakasih banyak sebelumnya kak

    ReplyDelete
  33. Kak minta contoh proposalnya dong

    ReplyDelete
  34. kak, saya boleh minta contoh proposal pengajuan dana kegiatan lomba? email saya ini 53yunitas@gmail.com

    ReplyDelete
  35. kak, boleh minta contoh proposal pengajuan dana lomba yg ditujukan ke ditmawa? 53yunitas@gmail.com

    ReplyDelete
  36. Kak, apa boleh saya meminta file proposalnya? karena saya juga sedang mengikuti lomba startup di turki. terima kasih:)

    ReplyDelete
  37. Kak, apa boleh saya meminta file proposalnya? karena saya juga sedang mengikuti lomba startup di turki. terima kasih:) aurellius.putra53@gmail.com

    ReplyDelete
  38. Kak boleh minta contoh proposalnya? Ini email saya kak:
    hna.wardani@gmail.com
    Terimakasih banyak sebelumnya kak

    ReplyDelete
  39. Informasinya sangat bermanfaat kak untuk saya yang ingin mengikuti kegiatan tersebut, saya boleh minta contol file proposalnya ga ka? ini email saya kak : cutnoviaa711@gmail.com
    Terima kasih banyak kak sebelumnya, semoga Allah membalas kebaikan kakak:)

    ReplyDelete
  40. Kak boleh minta contohnya nggak? Ini emaik saya
    Hanumfath98@gmail.com

    ReplyDelete
  41. Kak, aku kemarin daftar global peace summit dan ketrima tapi self funded. Kalau kayak gitu bisa gak ngajuin proposal buat bantuan dana ke lembaga atau departemen apa gitu? Oia kak, boleh minta contoh peoposalnya? Ini email saya riyanayasin@gmail.com terimakasih kak

    ReplyDelete
  42. Kak boleh minta contoh proposalnya kak?. Email saya yuliratnics@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya 🙏

    ReplyDelete
  43. Makasih banyak ka infonya, aku maba dan beberapa kali minta dana ke tolak hehe, mungkin ada yang salah di proposalku, boleh aku minta contoh proposal kaka & contoh LPJ kaka? Terima kasih, ini emailku rifki.tjie@gmail.com

    ReplyDelete
  44. Kak boleh minta contoh proposalnya email saya @nalizah07@gmail.com

    ReplyDelete
  45. Halo kak, boleh minta contoh proposal pengajuannya?
    Kalo boleh, tolong kirim di email ini ya : amelrsusanti@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  46. Kak boleh minta contoh proposalnya? Aku mau ikut lomba teh doainnn hehe ke email ini kak yustika.alawiah@gmail.com

    ReplyDelete
  47. Kak boleh aku minta contoh proposalnya kak
    Email ku ini hariz.izzuddin20@gmail.com

    ReplyDelete
  48. assalamualaikum kak, saya boleh minta contoh proposalnya juga kak ?
    email saya sariah444@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  49. assalamualaikum kak boleh minta proposalnya? email saya dirgantara0703@gmail.com

    ReplyDelete
  50. kak boleh minta contoh proposalnya juga kak? harja0908@gmail.com

    ReplyDelete
  51. Kak saya boleh minta contoh proposalnya? terimakasih�� mhdrifqimaulana@gmail.com

    ReplyDelete
  52. Kak saya boleh minta contoh proposalnya
    Terimakasih sebelumnya
    wiwik.meilikawulandari@yahoo.com

    ReplyDelete
  53. Kak aku boleh minta contoh proposalnya nggak, aku lagi ada tugas mau aku jadiin bahan tugas aku, kalau boleh send ke email aku kak windayantidatutasik@gmail.com ya kak, terima kasih

    ReplyDelete
  54. Halo kak, boleh lihat contoh proposalnya kak?? Makasih 😊
    nafingatulmustafidah@gmail.com

    ReplyDelete
  55. Halo kak, boleh minta contoh proposalnya ?? ilma30zulfa@gmail.com terima kasih kakak😊😊

    ReplyDelete
  56. Hallo ka boleh tolong kirimin contoh proposalnya? nurfadhilahfebrismi@gmail.com
    Terima kasih ka

    ReplyDelete
  57. Halo kak. Mungkin ini telat banget, saya boleh minta contoh proposalnya tidak kak lewat email nurulfajariah019@gmail.com. Terimakasih sebelum nya ya kak.

    ReplyDelete
  58. Halo, kak! makasih banget tulisannya udah buat aku tercerahkan untuk jadi mahasiswa yang aktif:D kalau boleh aku ingin minta contoh proposalnya kak.. Terima kasih sebelumnya :) email: salsabilaelfira@gmail.com

    ReplyDelete
  59. hallo kak boleh saya minta contoh proposal nya ?
    Reddyadjie30804@gmail.com

    ReplyDelete
  60. Halo kak boleh minta contoh proposalnya? emailku arifrahmanh610@gmail.com
    Terima kasih banyak:)

    ReplyDelete
  61. Kak boleh dikirim ke alfsysholatar@gmail.com dong makasih kak sebelumnya

    ReplyDelete
  62. Kak boleh minta contoh proposalnya ka emaik saya safira.zalfa@gmail.com terima kasih banyak kak

    ReplyDelete
  63. Kak boleh minta contoh proposalnya kak, ini email saya kak zulhizatilrahmah29@gmail.com terima kasih banyak kak

    ReplyDelete
  64. Aku mau contoh proposalnya kak :)
    Semoga kebaikan kakak, dibalas oleh Yang Kuasa dengan sebaik-baik pembalasan.
    lianurafifah@gmail.com

    ReplyDelete
  65. Hallo kak saya mau dong contoh proposalnya,boleh di kirim ke email clarani@naver.com? terimakasih :D

    ReplyDelete
  66. hallo kak, boleh minta contoh proposalnya, ini email saya fsiti6090@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  67. kak boleh mintacontoh proposalnyaa? email saya fakhita.safana@gmail.com , makasih banyak kak, sehat selaluu

    ReplyDelete
  68. Permisi kak, izin meminta contoh proposal untuk sponsorship
    Bisa dikirim ke ersashelvira@gmail.com

    Terima kasih banyak kak

    ReplyDelete